Kamis, 21 April 2016

ODOJ PASER: AJAK MASYARAKAT PASER MENGAJI BERSAMA

 
Tana Paser. Komunitas One Day One Juz Kabupaten Paser atau yang lebih dikenal dengan nama ODOJ PASER kembali menggelar acara Ngaji On The Street (NGAOS). Acara yang digelar pada Ahad (17/04) tersebut berlangsung di Taman Hutan Kota Jln. Jenderal Sudirman (sebelah SDN 031) Tanah Grogot.

Ngaos merupakan salah satu agenda rutin Komunitas One Day One Juz, dimana dalam acara tersebut masyarakat diajak berkumpul di tempat-tempat tertentu untuk membaca Al-Qur'an secara bersama-sama guna mensyiarkan budaya membaca Al-Qur'an.

Selain membaca Al-Qur'an bersama, pada kegiatan tersebut juga diselipkan beberapa agenda seperti perkenalan pengurus, perkenalan anggota ODOJ Paser, pengenalan ODOJ kepada peserta umum yang baru ikut Ngaos dan sosialisasi agenda-agenda ODOJ Paser.

Selain agenda Ngaos ODOJ Paser juga memiliki beberapa program unggulan, diantaranya: Kalqulus (Kajian Qur'an Ala Ustadz), BBQ (Belajar Baca Qur'an), ODOJ Goes to School, ODOJ Paser Peduli dan lain-lain.
 
 
Komunitas One Day One Juz (ODOJ) mulai hadir di Paser sejak dideklarasikan pertama kali di Tanah Grogot pada tanggal 20 Juli 2014 dengan membentuk Dewan Perwakilan Area yang pada saat itu dikelola langsung oleh anggota ODOJers Paser yang sudah lama bergabung di ODOJ dan merasa perlu membentuk Dewan Perwakilan Area.

ODOJ adalah gerakan One Day One Juz yang mengajak anggotanya untuk bisa konsisten membaca Al-Qur'an satu hari satu juz. Dengan memanfaatkan Instant Messager, tilawah 1 juz sehari jadi lebih menyenangkan dan lebih termotivasi.

Mekanismenya adalah membangun grup ODOJ di Whatsapp dimana 1 grup beranggotakan 30 orang, kemudian dibuat sistem pelaporan dengan targetan yang ingin dicapai adalah 30 JUZ Al-QUR’AN dapat diselesaikan oleh satu grup setiap harinya dan KHATAM PRIBADI setiap bulannya dengan asumsi 1 anggota tidak absen tilawah juz Al-Qur’an secara berurutan selama sebulan. Kemudian juga ada PJ Harian dari anggota yang bergantian bertugas mengupdate laporan juz dan memonitoring untuk mencapai targetan tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar